BLOG ANSANIA

9 Cara Efektif Meredakan Nyeri Haid yang Patut Dicoba

9 Cara Efektif Meredakan Nyeri Haid yang Patut Dicoba

Oleh | Thursday, 04 July 2024 | 104 Views

Selama haid, sering kali otot-otot rahim berkontraksi sehingga menimbulkan rasa nyeri yang tak jarang sulit ditahan. Namun, ada beberapa metode aman dan efektif untuk mengurangi nyeri haid yang bisa Anda coba.

Mengompres perut, berolahraga ringan, atau mengonsumsi suplemen adalah beberapa cara untuk mengurangi nyeri haid. Berikut adalah cara-cara yang dapat membantu meredakan nyeri haid.


Cara Meredakan Nyeri Haid

Nyeri saat haid umum terjadi, terutama pada hari pertama dan kedua menstruasi. Jika Anda mengalaminya, coba beberapa cara berikut sebagaimana dilansir dari laman Siloam Hospitals untuk merasa lebih nyaman.


1. Mengompres Perut dengan Air Hangat

Jika haid terasa sangat menyakitkan, cobalah mengompres perut dengan air hangat. Isi botol kaca dengan air hangat dan letakkan di atas perut, dengan kain sebagai pelapis. Panas dari kompres akan membantu melemaskan otot rahim, efektif mengatasi nyeri haid. Anda bisa mengulanginya sampai merasa lebih baik. Selain botol, bantalan hangat juga bisa digunakan pada perut bawah untuk efek langsung.


2. Akupuntur

Akupuntur menggunakan jarum tipis yang ditancapkan pada titik-titik tertentu di tubuh untuk merangsang saraf dan meredakan kram haid. Selain memicu pelepasan endorfin, akupuntur juga mengurangi peradangan dan membantu relaksasi. Pastikan dilakukan oleh terapis profesional.


3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi bisa memicu kram saat haid. Minumlah sekitar 2 liter air per hari. Anda juga bisa membuat jus buah tanpa gula, atau mengonsumsi minuman lemon hangat atau jahe untuk efek menenangkan.


4. Mengatur Pola Makan

Konsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 dan gizi lainnya. Hindari makanan dengan lemak jahat, gula, dan garam berlebih. Juga, hindari kafein, soda, dan cokelat untuk mencegah kram perut yang lebih parah.


5. Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga ringan seperti berjalan santai atau yoga dapat mendorong pelepasan endorfin yang menghilangkan rasa sakit, membuat Anda merasa lebih baik.


6. Berhenti Merokok

Merokok mengurangi suplai oksigen ke panggul dan bisa memicu nyeri haid. Berhenti merokok juga bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko infertilitas.


7. Mengendalikan Stres

Stres bisa memperparah nyeri haid. Lakukan aktivitas yang meningkatkan mood seperti menonton film, membaca buku, berbelanja, atau meditasi. Teknik pernapasan dalam-dalam juga membantu menyingkirkan stres.


8. Mengonsumsi Suplemen

Vitamin D, E, B1, dan B6 dapat meredakan nyeri haid. Selain dari makanan, Anda bisa mengoptimalkan asupan vitamin ini dengan suplemen. Gunakan layanan telekonsultasi untuk berdiskusi dengan dokter mengenai suplemen yang aman.


9. Melakukan Pemeriksaan ke Dokter

Jika nyeri haid tidak mereda dalam beberapa hari, konsultasikan ke dokter. Pemeriksaan medis akan memberikan penanganan yang tepat dan resep obat sesuai kondisi Anda.

Semoga bermanfaat!



(Foto/Gambar: Ilustrasi Menstruasi/Dok. atlascompany/Freepik)

Ansania - Gaya Hijab Indonesia
Berikan Komentar Via Facebook