BLOG ANSANIA

Mengapa Badan Terasa Sakit Semua Saat Haid? Berikut Penjelasannya

Mengapa Badan Terasa Sakit Semua Saat Haid? Berikut Penjelasannya

Oleh | Tuesday, 16 July 2024 | 105 Views

Banyak wanita yang mengeluhkan rasa sakit di seluruh tubuh saat haid. Terkadang, rasa sakit ini sangat hebat hingga menyebabkan tubuh lemas dan rentan terhadap penyakit.

Jika Anda sering mengalami hal ini, mungkin timbul pertanyaan mengapa tubuh wanita terasa sakit saat haid. Berikut penjelasannya.


Mengapa Tubuh Wanita Terasa Sakit Saat Haid?

Salah satu keluhan yang sering terjadi selama haid adalah rasa sakit di seluruh tubuh. Beberapa wanita juga mungkin mengalami demam, batuk, dan sakit kepala selama menstruasi.

Jangan panik jika Anda mengalami hal ini. Biasanya, rasa sakit ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh.

Selama menstruasi, kadar hormon estrogen menurun. Estrogen berperan dalam mengaktifkan bagian otak yang mengatur rasa sakit. Ketika kadar estrogen menurun, kemampuan otak untuk meredakan rasa sakit juga menurun.

Pendapat lain menyebutkan bahwa rasa sakit ini disebabkan oleh pelepasan prostaglandin. Prostaglandin adalah zat kimia yang menyebabkan kontraksi pada uterus untuk mengeluarkan darah selama menstruasi.

Produksi prostaglandin meningkat selama menstruasi untuk membantu mendorong darah keluar dari rahim. Peningkatan prostaglandin ini dapat memicu kram perut, diare, mual, muntah, dan rasa tidak nyaman lainnya .

Selain mual dan keluhan lainnya, prostaglandin juga dapat mempengaruhi suhu tubuh, yang mungkin menyebabkan demam selama haid.


Bagaimana Cara Mencegah Rasa Sakit Selama Haid?

Setelah memahami mengapa tubuh terasa sakit selama haid, penting juga untuk mengetahui cara mencegahnya. Rasa sakit saat haid, seperti pegal, demam, dan pusing, biasanya tidak serius dan akan hilang dalam satu atau dua hari setelah haid berakhir .


Namun, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut sebagaiman dilansir dari laman hellosehat.com untuk mencegah rasa sakit dan menjaga kesehatan tubuh selama haid.


1. Kenali Waktu Menstruasi

Langkah pertama adalah mengenali pola menstruasi Anda. Prediksi kapan siklus menstruasi dimulai dan kapan tubuh mulai melemah. Menurut Dr. Rashmi Halker, mengenali siklus menstruasi dapat membantu Anda lebih siap menghadapi rasa sakit.


2. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan sehat tidak hanya memberikan energi, tetapi juga menyediakan nutrisi penting bagi tubuh. Nutrisi yang baik dapat membantu menjaga kesehatan tubuh menjelang menstruasi dan mencegah penyakit seperti sakit perut dan diare.


3. Konsumsi Vitamin

Mengonsumsi vitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang mungkin tidak terpenuhi dari makanan. Vitamin C dan E, misalnya, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.


4. Istirahat yang Cukup

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan keseimbangan hormon. Pastikan Anda tidur dan bangun tepat waktu setiap hari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah rasa sakit saat haid.


Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat mencegah rasa sakit dan menjaga kesehatan tubuh selama haid.



Ilustrasi Haid atau Menstruasi (Foto: ​atlascompany/Freepik)

Ansania - Gaya Hijab Indonesia
Berikan Komentar Via Facebook