BLOG ANSANIA

Catat, Begini Cara Hitung Berat Badan Ideal dengan Benar

Catat, Begini Cara Hitung Berat Badan Ideal dengan Benar

Oleh | Monday, 22 July 2024 | 123 Views

Apakah kamu tahu cara menghitung berat badan ideal? Setiap orang memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang berbeda. Namun, memiliki berat badan ideal adalah impian banyak orang.

Berat badan ideal adalah bobot yang sehat dan seimbang dengan tinggi badan seseorang. Selain itu, berat badan ideal juga mempertimbangkan beberapa faktor lain seperti jenis kelamin, usia, bentuk tubuh, dan jumlah massa otot.

Angka berat badan ideal menjadi acuan dalam menentukan harapan hidup seseorang dan risikonya terhadap penyakit berbahaya. Karena, kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit serius seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes melitus.

Di sisi lain, memiliki berat badan yang terlalu rendah atau kurus dapat meningkatkan risiko malnutrisi, anemia, osteoporosis, dan gangguan pertumbuhan, yang juga bisa meningkatkan risiko kematian.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Ada dua cara untuk menghitung berat badan ideal yang dapat kamu gunakan sebagaimana dilansir dari laman Halodoc, yaitu:


1. Rumus Broca

Cara pertama untuk menghitung berat badan ideal adalah dengan menggunakan rumus Broca. Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca ini membedakan cara penghitungan antara pria dan wanita karena komposisi tubuh yang berbeda.

Meskipun pria dan wanita memiliki metode perhitungan yang berbeda, rumus ini tidaklah rumit. Berikut adalah rumusnya:

  • Pria: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

  • Wanita: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]


2. Kalkulator BMI

Body Mass Index (BMI) adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat tubuh. Berbeda dengan metode Broca yang membedakan antara pria dan wanita, BMI membedakan perhitungan berdasarkan usia.

Kalkulator BMI, yang juga tersedia di aplikasi Halodoc, bisa digunakan oleh mereka yang berusia 20 tahun ke atas. Bagi yang berusia di bawah 20 tahun, ada metode perhitungan lainnya.

Dengan kalkulator BMI, kamu bisa mengetahui apakah berat badanmu ideal atau tidak. Namun, metode ini bisa menimbulkan kesalahpahaman bagi atlet atau olahragawan karena mereka mungkin memiliki massa otot yang besar sehingga terlihat kelebihan berat badan padahal tidak.

Sebelum menggunakan kalkulator BMI, penting untuk mengetahui beberapa hal:

  • Angka BMI normal adalah 18,5-25.

  • Jika BMI lebih dari 25, itu berarti berat badan berlebih.

  • Jika BMI di bawah 18, itu berarti berat badan kurang.


Jika BMI lebih dari 40, sebaiknya segera lakukan penanganan karena ini menunjukkan tanda bahaya.


Cara Menghitungnya

Berat badan ideal = Berat badan (kg) / Tinggi badan (m)^2

Contoh: Jika berat badan 47 kg dan tinggi badan 1,63 m, nilai BMI kamu adalah 47 / (1,63^2) = 17.8. Ini berarti berat badanmu di bawah rata-rata.

Setelah mengetahui berat badan ideal, kamu bisa mulai membiasakan pola hidup sehat dengan memenuhi asupan gizi harian, rutin berolahraga, dan minum banyak air putih.


Berat Badan Ideal Wanita Dewasa

Berat badan ideal pada wanita dewasa bervariasi tergantung beberapa faktor, termasuk genetik, tinggi badan, bentuk tubuh, usia, dan kondisi kesehatan.

Contoh perhitungan dengan rumus Broca: Jika seorang wanita memiliki tinggi badan 158 cm, maka berat badan idealnya adalah (158-100) – [(158-100) x 15%] = 58 – 8,7 = 49,3 kg.

Namun, hasilnya akan berbeda untuk wanita dewasa dengan tinggi badan lebih atau kurang dari 158 cm, atau jika menggunakan kalkulator BMI. Rata-rata, berat badan wanita dewasa di Indonesia adalah sekitar 56,2 kg.




Ilustrasi Timbangan Berat Badan (Foto: iStock/Liudmila Chernetska/Getty Images)

Ansania - Gaya Hijab Indonesia
Berikan Komentar Via Facebook