BLOG ANSANIA

6 Manfaat Memiliki Tanaman di Dalam Rumah

6 Manfaat Memiliki Tanaman di Dalam Rumah

Oleh | Friday, 23 August 2024 | 92 Views

Meski polusi udara sering kali dikaitkan dengan lingkungan luar, sebenarnya udara dalam rumah juga bisa tercemar. Sumber polusi dalam ruangan dapat berasal dari debu pada karpet, AC yang jarang dibersihkan, pengharum ruangan berbahan kimia, hingga produk pembersih rumah tangga.

Menempatkan tanaman di dalam rumah adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi polusi udara dalam ruangan. Selain mempercantik dekorasi, tanaman juga memberikan dampak positif bagi kesehatan.


Manfaat Tanaman di Dalam Rumah

Selain menyegarkan udara, menempatkan tanaman di dalam rumah dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan sebagaimana dilansir dari laman Alodokter, di antaranya:


1. Mengurangi polusi udara

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tanaman dalam rumah dapat berfungsi sebagai pembersih udara alami. Tanaman menyerap polutan kimia dari udara melalui daun dan akarnya. Untuk memaksimalkan manfaat ini, letakkan 2–3 tanaman di setiap ruangan. Beberapa tanaman yang efektif untuk membersihkan udara adalah peace lily, sirih gading, ivy, lidah mertua, dan lady palm.


2. Menurunkan risiko alergi dan pilek

Tanaman di dalam rumah juga dapat mengurangi risiko batuk, sakit tenggorokan, pilek, flu, dan alergi. Tanaman membantu mengurangi jumlah debu dan jamur dalam ruangan, serta berfungsi sebagai penyaring alami untuk menangkap alergen dan partikel yang dapat menyebabkan masalah pernapasan.


3. Mengusir nyamuk

Selain manfaat di atas, tanaman tertentu juga dapat berfungsi sebagai pengusir nyamuk alami. Tanaman seperti daun mint, lavender, basil, dan rosemary dapat membantu mengurangi gangguan nyamuk di dalam rumah.


4. Sebagai aroma terapi alami

Beberapa tanaman dalam rumah dapat berfungsi sebagai aroma terapi alami, seperti lavender yang sering digunakan sebagai bahan dasar minyak aroma terapi. Kehadiran tanaman ini dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, serta meningkatkan suasana hati.


5. Menjaga kesehatan mental

Tanaman di dalam rumah juga berperan dalam menjaga kesehatan mental dengan mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Tanaman memberikan efek relaksasi, memperbaiki mood, dan membuat Anda merasa lebih tenang.


6. Meningkatkan produktivitas dan fokus

Keberadaan tanaman di rumah dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta membantu Anda menjadi lebih produktif dan fokus. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa tanaman dalam ruangan memungkinkan pemiliknya berpikir lebih jernih dan kreatif.


7. Mempercepat pemulihan setelah sakit

Penelitian menunjukkan bahwa pasien yang memiliki tanaman di kamar atau pemandangan hijau dari jendela mereka cenderung pulih lebih cepat setelah operasi, dengan masa rawat inap yang lebih singkat dan perasaan lebih tenang.


Melihat berbagai manfaat ini, menambahkan tanaman di dalam rumah bisa menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup. Namun, pilihlah tanaman dengan bijak, karena beberapa jenis tanaman dapat memicu alergi.

Jika Anda mengalami gejala alergi seperti gatal, bersin, atau sesak napas akibat tanaman tertentu, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat dan alternatif lain untuk menjaga kesehatan dalam rumah.



Ilustrasi Tanaman di Dalam Rumah (Foto: Freepik)

Ansania - Gaya Hijab Indonesia
Berikan Komentar Via Facebook